Posted by : Unknown Minggu, 29 September 2013



Apa Start Mail Merge?
Fasilitas Mail Merge sebenarnya sudah disertakan Microsoft sejak aplikasi ini diperkenalkan beberapa tahun lalu, hanya saja di Microsoft Word 2010 fasilitas ini ditambah kemampuannya dan perintahnya juga ditambah dengan Start Mail Merge. Penambahan Start Mail Merge karena di sini sudah tersedia beberapa pilihan seperti Envelopes, Label, E-mail Message, Directory, dan fasilitas Wizard untuk membuat Mail Merge.
Bagaimana memanfaatkan fitur Start Mail Merge tersebut? Sebagai gambaran langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Sebelumnya sobat harus membuat dokumen induk /dokumen utama, dalam contoh mungkin bisa di lihat di bawah ini

  • Setelah dokumen induk selesai simpan dengan nama contoh “Formulir”.
    Kemudian klik tab menu Mailings.
  • Kemudian pilih Step by Step Mail Merge Wizard.

  • Pada kotak dialog yang muncul, pilih Letters pada bagian Select
    document type. Kemudian klik Next : Starting document.

  • Kemudian Pada step yang selanjutnya, pilih Use the current document, klik Next.

  • Pada Step yang ketiga ini kita akan membuat sumber data (data
    source) untuk mail merge. Sumber data dalam contoh kali ini adalah sebagai berikut :

  • Pilih Type a new list kemudian klik teks Create. Kemudian klik Next :
    Write your letter.


  • Pada kotak dialog yang muncul, judul dari kolom tidak sesuai dengan
    dokumen induk kita. Klik tombol Customize Columns, kemudian pilih
    Field Name yang akan diganti, klik tombol Rename.


  • Ketikkan Nama pada Change field name. Setelah selesai klik tombol
    OK. Lakukan hal yang sama untuk field yang lain.


  • Untuk menghapus field yang tidak digunakan, pilih field yang akan
    dihapus, klik tombol Delete, kemudian klik Yes. Lakukan untuk
    menghapus field yang lain.
  • Kemudian klik tombol OK, dan mulailah mengisikan datanya. Untuk
    menambah data yang baru klik tombol New Entry.
  • Setelah semua data diinput, klik tombol OK.


  • Kemudian tentukan tempat penyimpanan, dan ketikkan nama data
    sourcenya misal adalah 123. Kemudian klik tombol Save.


  • Kemudian klik Next : Write your letter. Pada kotak dialog yang
    muncul, letakkan kursor di sebelah field nama, kemudian klik More
    Item, Pilih field Nama, kemudian klik Insert. Lakukan untuk
    memasukkan field yang lainnya.


  • Klik tombol Next : Write your letter.
  • Pada step  ini anda dapat melihat masing–masing isi
    datanya dengan mengklik Preview your letter. Kemudian klik Write
    your letter.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

- Copyright © 2025 Fajar Ramadhan -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -